SILABUS MANAJEMEN PEMASARAN



SILABUS MANAJEMEN PEMASARAN

Jurusan/PS              : muamalah/syariah                                                                                   Nama Dosen:
Mata Kuliah (MK)    : Manajemen Pemasaran                                                                          1. Hasanudin, S.Ag, M.A
Kode MK                   : MKP-1178                                                                                                  
SKS                            : 2 (dua)
Semester                  : 7 (tujuh)
Prasyarat                 : Pengantar Bisnis
Manajemen

Standar Kompetensi : Menganalisis  kegiatan pemasaran suatu perusahaan dengan menguasai konsep-konsep dan proses pemasaran, mampu mengidentifikasi  peluang pemasaran, mampu merancang bauran pemasaran serta mengendalikan kegiatan pemasaran suatu perusahaan

..No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
T
UK
US
TM
P
L
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Mahasiswa memahami gambaran secara keseluruhan tentang konsep pemasaran, perubahan bisnis dan pemasaran serta kepuasan pelanggan
1.1 Ilustrasi kasus tentang peranan pemasaran abad ke-21
1.2 Perekonomian baru
1.3 Tugas Pemasaran
1.4 Konsep pemasaran
1.5 Orientasi perusahaan terhadap
      pasar
1.1. Nilai dan kepuasan pelanggan
1.2. Menarik perhatian dan retensi pelanggan
1.3. Diskusi/tanya jawab
Menguraikan pengertian pemasaran

Menguraikan tugas dan konsep pemasaran

Mendiskusikan konsep pemasaran dan kepuasan konsumen


Memahami gambaran secara keseluruhan tentang konsep pemasaran serta kepuasan pelanggan
60
-
90
1. Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
2
Mahasiswa mampu menguraikan  konsep perencanaan strategis baik tingkat korporasi maupun  bisnis, proses pemasaran dan  perencanaan pemasaran
2.1   Ilustrasi kasus tentang perencanaan strategi
2.2   Perencanaan strategis  tingkatan organisasi
2.3   Perencanaan strategis tingkat korporat dan divisi
2.4   Perencanaan strategis tingkat unit bisnis
2.5   Proses pemasaran
2.6   Perencanaan pemasaran
2.7   Diskusi/tanya jawab
Mempelajari perencanaan strategis pada tingkatan organisasi, tingkat korporat dan divisi, dan tingkat unit bisnis.

Mempelajari dan mendiskusikan proses pemasaran dan perencanaan pemasaran.
Memahami  konsep perencanaan strategis baik tingkat korporasi maupun  bisnis, proses pemasaran dan  perencanaan pemasaran
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2.   Kontrak Perkuliahan
3.   Texbook
4.   Transparan
3
Mahasiswa mampu menganalisis  sistem informasi pemasaran dan berbagai  faktor lingkungan pemasaran yang  berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan

3.1   Ilustrasi kasus tentang SIP dan lingkungan pemasaran
3.2   Komponen SIP modern
3.3   Peramalan dan pengukuran permintaan
3.4   Menganalisis kebutuhan dan trend di lingkungan makro
3.5   Mengidentifikasi dan menanggapi kekuatan lingkungan makro utama
3.6   Menganalisis kebutuhan dan
      trend lingkungan mikro
3.7   Mengidentifikasi dan menanggapi kekuatan lingkungan mikro
3.8   Diskusi/tanya jawab
Mempelajari dan mendiskusikan SIP dan berbagai trend lingkungan pemasaran

Mempelajari dan mendiskusikan kebutuhan dan trend di lingkungan makro dan mikro dalam peramalan dan pengukuran permintaan
Mampu menganalisis kebutuhan dan trend di lingkungan makro dan mikro dalam peramalan dan pengukuran permintaan pasar.

60
-
90
1.     Silabus, SAP
2.     Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
4
Mahasiswa mampu menguraikan dan menjelaskan  konsep pasar konsumen dan pasar bisnis dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen dan bisnis
4.1 Ilustrasi kasus pasar  konsumen dan pasar bisnis
4.2 Faktor yang mempengaruhi  perilaku konsumen
4.3   Proses keputusan pembelian
4.4   Tahap proses pengambilan keputusan
4.5   Tahap proses pengambilan
Keputusan
4.8 Diskusi/tanya jawab
Mempelajari dan mendiskusikan kasus pasar konsumen dan pasar bisnis

Mempelajari dan mendiskusikan       perilaku konsumen dan proses keputusan pembelian

Menguraikan konsep pasar konsumen dan pasar bisnis dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen dan bisnis
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
5
Mahasiswa mampu  menjelaskan konsep persaingan dan menganalisis strategi bersaing perusahaan
5.1  Ilustrasi kasus tentang persaingan
5.2  Kekuatan persaingan
5.3  Mengidentifikasi pesaing
5.4  Menganalisis pesaing
5.5  Merancang strategi bersaing
5.6  Mengembangkan orientasi ke   pelanggan dan orientasi ke pesaing
5.7  Diskusi/tanya jawab
Mempelajari dan diskusi konsep persaingan

Mempelajari dan diskusi strategi bersaing dan orientasi pelanggan dan pesaing
Mampu menganalisis pesaing dan strategi bersaing perusahaan
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
6
Mahasiswa  dapat memahami  segmentai pasar, target pasar dan  positioning serta mampu menggunakan pengetahuan ini untuk merumuskan strategi pemasaran perusahaan
6.1   Ilustrasi kasus STP
6.2   Level dan pola segmentasi pasar
6.3   Segmentasi pasar konsumen dan pasar bisnis
6.4   Penetapan pasar sasaran
6.5   Menyusun dan mengkomunikasikan strategi penetapan posisi
6.6   Alat untuk melakukan diferensiasi
6.7   Diskusi/tanya jawab
Mempelajari konsep Segmentasi pasar konsumen dan pasar bisnis, strategi penetapan posisi, dan alat diferensiasi.

Mempelajari dan diskusi tentang penyusunan dan pengkomunikasian strategi penetapan posisi
Mampu menganalisis dan menyusun strategi pemasaran perusahaan 
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
7
Mahasiswa mampu menggunakan pengetahuanya untuk memecahkan kasus pemasaran
7.1 Pembahasan kasus
Diskusi Kasus
Menganalisis kasus strategi pemasaran  perusahaan
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
8
Mahasiswa mampu menjelaskan produk dan bauran produk  serta menganalisis strategi pemasaran sepenjang PLC

8.1 Ilustrasi kasus tentang strategi produk dan merek
8.2 Produk dan bauran produk
8.3 Keputusan lini produk merek,
       kemasan dan label
8.4 Mengelola jasa
8.5 Strategi Pemasaran Sepanjang PLC
8.6 Mengembangkan produk      
       baru
8.7 Diskusi/tanya jawab
Mempelajari konsep Segmentasi pasar konsumen dan pasar bisnis, strategi penetapan posisi, dan alat diferensiasi.

Mempelajari dan diskusi tentang penyusunan dan pengkomunikasian strategi penetapan posisi

Mampu menganalisis strategi pemasaran sepenjang PLC
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
9
 Mahasiswa mampu memahami dan   menjelaskan konsep penetapan harga produk
9.1 Ilustrasi kasus tentang strategi dan program penetapan harga
9.2 Menetapkan harga
9.3 Menyesuaikan harga
9.4 Memulai dan menanggapi perubahan harga
9.5 Diskusi/tanya jawab
Mempelajari konsep strategi dan program penetapan harga.

Mempelajari dan diskusi tentang perubahan harga

Menguraikan konsep penetapan harga produk
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
10
Mahasiswa mampu menguraikan dan menjelaskan konsep saluran pemasaran, pedagang eceran, pedagang besar dan logistik pasar
10.1  Ilustrasi kasus  tentang saluran pemasaran
10.2  Pengertian jaringan nilai
      dan saluran pemasaran
10.3  Tugas saluran pemasaran
10.4  Keputusan rancangan
         saluran pemasaran
10.5  Dinamika saluran, eceran dan perdaggang besar
10.6  Logistik Pasar
10.7  Diskusi/tanya jawab

Mempelajari konsep saluran nilai dan konsep saluran pemasaran.

Mempelajari dan diskusi tentang keputusan rancangan saluran pemasaran

Mempelajari dan diskusi tentang Dinamika saluran, eceran dan perdaggang besar, dan logika pasar
Menguraikan konsep saluran pemasaran, pedagang eceran, pedagang besar dan logistik pasar
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
11
 Mahasiswa mampu menguraikan dan menjelaskan proses komunikasi, bauran komunikasi dan pengelolaan proses komunikasi pemasaran
11.1  Ilustrasi kasus  tentang komunikasi pemasaran
11.2  Proses komunikasi
11.3  Mengembangkan
        komunikasi yang efektif
11.4  Memutuskan bauran
        komunikasi pemasaran
11.5  Mengelola proses
        komunikasi pemasaran
11.6 Diskusi/tanya jawab
Mendiskusikan kasus komunikasi pemasaran

Mempelajari konsep komunikasi efektif

Mempelajari dan diskusi tentang bauran dan proses komunikasi pemasaran
Menguraikan proses komunikasi, bauran komunikasi dan pengelolaan proses komunikasi pemasaran
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
12
Mahasiswa mampu menguraikan dan menjelaskan bauran promosi dan bagaimana mengelola tenaga penjualan
12.1 Ilustrasi kasus pemasaran tentang iklan, promosi penjualan, humas dan pemasaran langsung
12.2 Mengembangkan dan
        mengelola program iklan
12.3   Memutuskan media dan
         mengukur efektivitas
12.4   Promosi  Penjualan
12.5   Hubungan Masyarakat
12.6   Pemasaran langsung
12.7   Mengelola Tenaga
Penjualan
12.8 Diskusi/tanya jawab
Diskusi Kasus

Mempelajari konsep tentang iklan, promosi penjualan, humas dan pemasaran langsung

Mempelajari dan diskusi mengukur efektivitas media dan program iklan, dan mengelola tenaga penjualan


Menguraikan bauran promosi dan bagaimana mengelola tenaga penjualan
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
13
Mahasiswa mampu memahami gambaran secara keseluruhan organisasi pemasaran, penerapan pemasaran dan evaluasi dan pengendalian pemasaran
13.1 Ilustrasi kasus pemasaran   tentang mengelola upaya
        pemasaran
13.2 Organisasi Pemasaran
13.3 Penerapan Pemasaran
13.4 Evaluasi dan Pengendalian
13.5 Diskusi/tanya jawab
Diskusi kasus

Mempelajari konsep organisasi dan penerapan pemasaran

Mempelajari dan diskusi tentang evaluasi dan pengendalian

Mampu menganalisis organisasi pemasaran, penerapan pemasaran dan evaluasi dan pengendalian pemasaran
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan
14
Mahasiswa mampu menggunakan pengetahuanya untuk memecahkan kasus pemasaran
14.1 Pembahasan kasus
Diskusi Kasus Pemasaran

Mampu menganalisis Kasus Pemasaran
60
-
90
1.   Silabus, SAP
2. Kontrak Perkuliahan
3. Texbook
4. Transparan

Daftar Pustaka
1. Kotler, Philip,  2005.  Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jilid I dan II, Edisi Ke sebelas,  Jakarta : PT Indeks.
2. __________ dan Gary Amstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid I, II, Jakarta : Penerbit Erlangga
3. Perreault, Jr. William D. and E. Jerome McCarthy. 1999. Basic Marketing: A Global Management Approach. 13th Edition. Boston: McGraw Hill.
4. Sri Suprapti dan Giantari, Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Denpasar : UPT Udayana
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar